Kapan Indonesia Punya Penyanyi Cilik Lagi ?

Masih ingatkah anda dengan sosok artis cilik yang dahulu sempat meramaikan dunia musik di Indonesia dengan komposisi liriknya yang polos dan penuh dengan pesan moral? Sebut saja seperti Joshua, Trio Kwek-Kwek, Tasya, Sherina, dan masih banyak lagi. Para penyanyi cilik tersebut sempat merasakan masa jayanya pada era 90-an hingga awal 2000-an.

Lirik  polos yang terdapat pada lagunya membuat saya selalu menyanyikannya  saat kecil dulu. Tidak hanya liriknya saja yang terkesan polos,  bahkan tiap-tiap bait lagunya memiliki pesan moral yang mudah dicerna oleh usia anak-anak.  Namun pada era sekarang ini, sepertinya sudah tidak ada lagi penyanyi cilik yang melantunkan lagu yang memberikan pesan moral seperti itu. Keberadaan penyanyi cilik juga semakin pudar dan seakan hilang dengan adanya penyanyi dewasa yang kian hari semakin membludak saja. Dengan demikian, para anak di Indonesia tidak mempunyai asupan lagu-lagu yang cocok dengan usianya . Dengan tidak adanya penyanyi cilik, mereka akhirnya memilih untuk menikmati lagu-lagu yang sebenarnya tidak layak untuk mereka lantunkan.  Beberapa minggu yang lalu ketika saya menikmati perjalanan dengan menggunakan Kereta Api dari Banyuwangi menuju Malang, saya mendengar beberapa anak kecil melantunkan lagu dangdut yang liriknya tidak cocok dengan usianya. Mereka melantunkan lagu yang biasanya dinyanyikan oleh OM. Sagita.  Jika anda berada di Jawa Timur, mungkin anda mengenal kelompok Orkes Melayu Sagita.  Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar di bawah ini.


Bagaimanakah perkembangan anak-anak Indonesia apabila ia mengkonsumsi lagu yang memiliki bait-bait yang sangat tidak cocok dengan usianya? Pastinya akan tergangu. Tentunya hal ini juga menjadi masalah yang harus dihadapi dan diselesaiakan oleh kita bersama. Anak-anak kita adalah generasi penerus bangsa yang diharapkan bisa membangun kejayaan negeri ini.  Dalam hal ini, seharusnya para pelaku  industri musik di Indonesia menyediakan ruang bagi penyanyi cilik. Jangan hanya mementingkan kepentingan pribadi saja dengan mengorbitkan penyanyi dewasa demi menambah pundi-pundi finansial.  Oh iya, untuk mengobati rasa kangen dengan penyanyi cilik dahulu, dibawah ini  adalah lagu yang dibawakan oleh Tasya. Silahkan menikmati😀

Hai kawan
Jangan takut jangan resah
Bila lampu kamar mulai dipadamkan
Ku kan s’lalu menyanyikan lagu ini Hingga nanti kau tidur
Bers’limut mimpi

Jangan lupa esok kita punya janji
S’makin cepat kita tidur
S’makin cepat kita bertemu kembali

Berdoalah sebelum kita tidur
Jangan lupa cuci kaki tangan mu
Jangan lupa doakan mama papa kita
( 2X )

Jangan takut akan gelap
Kar’na gelap melindungi diri kita
Dari kelelahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s