Tidak Ada Yang Salah Dengan Pilihanmu

Mungkin sebagian besar siswa yang akan lulus dari jenjang SMA/sederajat  hanya mempunyai dua buah pilihan yang akan mereka ambil. Pilihan tersebut yaitu, lanjut atau tidak. Bagi siswa yang tidak mempunyai biaya untuk masuk Perguruan Tinggi atau ingin langsung terjun di dunia kerja lebih memilih untuk tidak melanjutkan studi lanjutan. Namun  bagi siswa yang mempunyai cukup biaya dan masih belum siap untuk bekerja pasti lebih memilih untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi.


Bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi pastinya akan melewati masa-masa bingung dalam memilih Perguruan Tinggi dan Jurusan mana yang akan mereka ambil.  Biasanya mereka akan memilih 2 atau lebih dari Perguruan Tinggi yang ada. Pilihan pertama pastinya adalah tempat yang sangat mereka idam-idamkan. Namun untuk pilihan yang kedua biasanya adalah pilihan yang kurang mereka minati. Mengapa mereka memilih pilihan yang mereka tahu bahwa pilihan  itu kurang mereka minati ? Banyak alasan yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Salah satu alasannya ialah mereka asal memilih dan mereka hanya fokus pada pilihan pertama.
Tidak ada masalah ketika mereka mampu menggapai pilihan pertama. Namun jika mereka tidak mampu menggapai pilihan pertama dan malah tersangkut di pilihan kedua,  hal ini yang biasanya jadi masalah bagi siswa tersebut. Dengan latar belakang yang masih belum siap untuk kerja, mereka umumnya secara terpaksa akan memilih pilihan  kedua walaupun ia tahu bahwa ia kurang terlalu cocok dengan pilihan itu. Dengan rasa terpaksa, umumnya mereka akan kurang sepenuh hati dalam menjalani kuliahnya. Bahkan banyak mahasiswa yang merasa tidak cocok dengan pilihannya dan mengambil jalan untuk mengikuti tes masuk pada pilihannya yang dulu ia idam-idamkan.  Saya sendiri sudah mengalami hal tersebut. Saya dulu sempat mengikuti LAGI  tes masuk perguruan tinggi yang dulu saya idam-idamkan , padahal saat itu saya sudah menginjak semester 2 di salah satu perguruan tinggi. Namun saya gagal dalam meraih itu.

Menurut saya, jika anda sudah terjun pada sesuatu yang sudah anda pilih, lanjutkanlah pilihan itu. Jika anda hanya berfokus pada hal yang sudah berlalu, itu hanya akan menghabiskan waktu.  Lakukan yang terbaik dan fokus pada pilihan yang sudah anda tetapkan.  Jika anda tidak ingin menyesal di belakang, tentukanlah pilihan yang benar-benar anda inginkan. Karena menyesal di akhir sangat tidak berguna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s