Jangan Malu Dengan Psoriasismu

Mengapa saya memutuskan untuk mengambil judul ini? Mungkin karena saya dulu sempat minder dengan keberadaan penyakit ini. Bagi yang belum pernah mendengar atau tahu mengenai psoriasis, berikut ini adalah definisi mengenai psoriasis.

“Psoriasis adalah penyakit autoimun yang mengenai kulit, ditandai dengan sisik yang berlapis berwarna keperakan, disertai dengan penebalan warna kemerahan dan rasa gatal atau perih. “

Dalam pengertian di atas, psoriasi sendiri merupakan salah satu kategori penyakit autoimunitas. Autoimun adalah kegagalan fungsi sistem kekebalan tubuh yang membuat badan menyerang jaringannya sendiri. Sampai saat ini masih belum ada obat yang mampu menyembuhkan psoriasis secara keseluruhan. Obat yang ada saat ini hanya mampu meredakan saja. Jikalau mampu menyembuhkan, psoriasis sendiri akan kambuh lagi dalam kurun waktu yang tidak diketahui.  Oh ya, psoriasis bukan termasuk dalam kategori penyakit menular.

Saya sendiri pertama kali mengalami gangguan ini ketika menginjak kelas 5 SD.  Saat itu, saya hanya menganggap hal tersebut sebagai gangguan kulit biasa. Namun, lama kelamaan psoriasis ini semakin menjalar. Kala itu, saya merasa sangat minder. Rasa minder ini berkelanjutan terus hingga menginjak SMP.  Namun, ketika menginjak bangku SMK, rasa minder tersebut perlahan-lahan semakin terkikis.  Jika dipikir-pikir, buat apa saya minder dengan psoriasis saya. Psoriasis hanyalah suatu penyakit luar. Seseorang tidak akan menilai orang lain hanya dengan melihat sisi luarnya saja. Sesuatu yang buruk di luar, belum tentu buruk di dalam. Sejak saat itu, mindset yang awalnya minder, malu, dan tidak puas dengan apa yang ada dalam diri, saya ubah dengan rasa percaya diri.  Mungkin butuh proses untuk melewati semua itu.

Bagi seorang penderita psoriasis, tidak perlu minder dengan apa yang anda dapatkan. Jadikanlah hal tersebut sebagai acuan bahwa, sesuatu yang buruk di luar tidak bisa dijadikan acuan buat menilai kita. Tetap percaya diri dan optimis adalah salah satu kunci penting untuk melalui itu semua.

Leave a Reply

