Triple Boot Windows 7, Ubuntu 9.04 dan OpenSolaris 2009.06

Sebenarnya posting ini merupakan posting sederhana yang aku tulis. Walaupun sederhana, namun aku berharap bisa membantu orang-orang yang sedang kesulitan ketika ingin melakukan multiple boot dengan OpenSolaris. Ceritanya begini, waktu itu di laptop aku udah terinstall dual boot antara Windows 7 dan OpenSolaris. Terus aku berencana untuk menambahkan satu buah lagi sistem operasi, yaitu Ubuntu 9.10 (Karmic Koala). Akhirnya aku putuskan untuk menginstall Karmic. Setelah berhasil menginstall Karmic, secara otomatis GRUB milik OpenSolaris tertutupi oleh GRUB milik Karmic. Lalu aku mencoba untuk menambahkan entri OpenSolaris di menu.lst milik GRUB Ubuntu. Setelah mencoba mencari ternyata file yang biasanya berada dalam /boot/grub/menul.lst itu tidak ada. Yang aku temukan hanya grub.conf. Didalamnya terdapat listing konfigurasi yang jika diamati hampir mirip dengan file menu.lst.

Lalu aku mencoba meng-utak atik konfigurasi tersebut, namun pada akhirnya usahaku gagal terus. Akhirnya aku putuskan untuk mencari di internet dan ternyata yang aku otak-atik itu adalah file konfigurasi untuk GRUB terbaru, yaitu GRUB versi 2. Pantesan, kok konfigurasinya kelihatan rumit begitu. Akhirnya aku putuskan untuk mengganti ubuntu ke versi 9.04 (Jaunty Jackalope).

Setelah selesai menginstall Jaunty, lalu aku menambahkan entri OpenSolaris di menu.lst. Pada Ubuntu Jaunty ternyata GRUB-nya masih yang versi lama, jadi aku bisa mengutak atik dengan tenang. Berikut ini adalah file konfigurasi untuk menu.lst

Konfigurasi menu.lst

Konfigurasi menu.lst

Setelah melakukan setting GRUB dan login ke OpenSolaris, akhirnya jadinya seperti ini :

Osol

3 comments on “Triple Boot Windows 7, Ubuntu 9.04 dan OpenSolaris 2009.06

  1. saran: waktu install 9.10, napa kok nda install aj grub yg versi lama 0.97 (klo nda salah) yg akan me-replace grub-pc (a.k.a grub2), jd nda perlu install OS lg.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s