Pencuri itu bernama “Malaysia”

Budaya merupakan suatu ciri khas dari tiap-tiap bangsa. Begitu juga arti budaya bagi Indonesia. Dengan kebudayaan kita bisa menunjukkan kepada semua orang “Siapa Indonesia”. Dengan budaya pula kita bisa mengenalkan kepada cucu kita kelak “Siapa Indonesia”.  Indonesia adalah negara dengan kebudayaan bermacam-macam. Namun apa daya bila kebudayaan Indonesia itu diakui oleh bangsa lain.

Tari Pendet

Tari Pendet

Contohnya saja seperti Malaysia, setelah sebelumnya meng-klaim Reog Ponorogo, Batik, Lagu “Rasa Sayange” sebagai kebudayan mereka. Seakan tidak ada bosan-bosannya, tidak lama ini terdengar kabar bahwa Malaysia klaim Tari Pendet sebagai kebudyaan Malaysia. Siapa yang tidak kenal tari Pendet, Tari yang berasal dari Pulau Dewata tersebut sudah dikenal hingga ke pelosok benua. Seperti yang saya baca di artikel ini, bangsa Malaysia seakan tidak punya malu setelah sebelumnya meng-klaim bebarapa kebudayan milik Negara Indonesia tercinta ini. Sebagai seorang warga negara Indonesia saya merasa tidak terima akan hal ini. Sempat saya berfikir apakah negeri jiran tersebut tak mempunyai kebudayaan sama sekali sampai-sampai meng-klaim budaya milik indonesia. Apakah bangsa malaysia hanya bisa mencuri dan mengaku-aku budaya yang budaya miliknya. Saya juga merasa miris akan sikap pemerintah Indonesia yang kurang protektif terhadap budaya sendiri. Saya berharap semoga kejadian ini takkan terjadi lagi, karena seperti yang sudah saya singgung tadi bahwa budaya merupakan ciri khas suatu bangsa. Apa jadinya jika bangsa ini tidak mempunya suatu ciri khas tersendiri. Mungkin bangsa ini akan seperti bangsa yang tidak mempunya jati diri. Anda berfikir demikian juga bukan?

By Frebu Trilangga Posted in My Life

2 comments on “Pencuri itu bernama “Malaysia”

Leave a Reply

