Pernah kepikiran kayak gini –>”gimana sih cara backup bookmarks, profiles, extension , preferences, dll punya firefox??”. Kalo pernah berfikir seperti itu, berarti anda harus membaca tutorial ini.

FEBE
FEBE

Bukan maksud aku memaksa, karena pengertian antara memaksa dengan merekomendasikan sangat berbeda(:D). Biasanya, kasus seperti ini terjadi saat kita ingin menginstall sistem operasi baru dan ingin semua preferences, bookmark, themes milik firefox tetap ada. Persis seperti kejadianku ini. Saat tutorial ini ditulis, aku berniat untuk menginstall OpenSolaris di laptopku.

Bahkan aku sampai mendownload file iso-nya yang ukurannya sekitar 600Mb dengan kecepatan minim.

Proses Download OpenSolaris
Proses Download OpenSolaris

Pengennya sih, OpenSolaris ini aku gunakan buat gantiin Ubuntu 8.10 yang bernaung di laptopku. Mudah-mudahan aja saat proses instalasi OpenSolaris ini berjalan dengan mulus. Kembali lagi ke pokok permasalahan, untuk memback-up segala profiles milik firefox ada beberapa cara, salah satunya adalah dengan menggunakan addons firefox yaitu FEBE(bukan facebook lho :D). Anda bisa mendapatkan addons ini di https://addons.mozilla.org atau langsung saja klik disini. Dengan mengunakan addons ini, anda bisa membackup preferences, bookmark, themes, history,cookies, username & password, dll(lumayan banyak kan??). Addons buatan Chuck Baker ini lumayan ampuh untuk urusan backup membackup, walaupun dalam proses backup-nya akan membuat firefox tak meresepon (hampir seperti hang). Bagaimanapun juga, addons ini sangat membantu sekali dalam urusan membuat cadangan. Salah satu fitur yang juga lumayan bagus adalah schedule back-up yang akan mem-backup secara otomatis sesuai jadwal yang ditentukan. Langkah-langkah untuk membackup adalah seperti ini:

  1. Buka menu Tools-FEBE-FEBE Options, maka akan muncul window seperti ini

    Gambar 1
    Gambar 1
  2. Klik Tab Options, Pada option backup type ada 4 pilihan yaitu : Selective, Full Profile, Both dan Alternate. Untuk melakukan kustomisasi backup, anda bisa memilih opsi Selective. Untuk mem-backup semuanya anda bisa memilih opsi Full Profile.
  3. Klik Tab Directory, lalu pilih dimana lokasi tempat penyimpana file backup. Lalu Klik Ok.

    Gambar 2
    Gambar 2
  4. Langkah terakhir yaitu melakukan back-up itu sendiri dengan cara Klik Tools-FEBE-Perform Backup. Pada proses backup ini, firefox anda tidak akan merespon hampir seperti hang.

    Proses Backup
    Proses Backup
  5. Apabila selesai melakukan  back-up maka akan muncul informasi hasil backup seperti ini.

    Finishing Backup
    Finishing Backup