Solusi Problem Sound Ubuntu 8.10

Kemarin aku sempat bingung, gak tau kenapa kok sound laptopku bisa berbunyi seperti suara kebakaran…
Aku kira bagian dalam laptop-ku udah gosong tak ada isinya. Ternyata, hanya suara saja.. Dalam hati aku berkata Alhamduliillah

Langsung aja aku cari bunyi apa itu, setelah aku cari cari. Waw.. ternyata setiap memainkan file musik ataupun video.
Laptop-ku mengeluarkan bunyi aneh itu lagi. Pas itu aku udah keluar versi baru dari ubuntu, yakni ubuntu 9.04. Tapi aku masih menggunakan versi sebelumya, versi 8.10(ciri ciri orang nggak mau update sistem operasi).

Langsung aja aku tanyakan problem aku ini pada mbah Google. Aku bertanya pada Mbah Google dengan menggunakan keyword ubuntu painful sound. Saat itu aku googling masih pake HP Nokia 3110c(sekaligus promosi HP :D)..

Gak lama kemudian, akhirnya ketemu juga disini. Langsung aja aku coba pemecahan masalahnya, tapi aku agak kesulitan karena artikelnya pake bahasa inggris..(hehehehe :D) Langsung aja aku coba..

Ini dia pemecahan masalahnya :

  1. Sebelum mencoba, siapkan dulu mental anda
  2. Setelah itu siapkan jiwa dan raga anda…
  3. Laptop anda harus ber-sistem operasi ubuntu(karena pemecahan masalah ini buat ubuntu.. bukan buat Win***os)
  4. Langsung ke inti saja, anda harus menginstal package module-assistant
    dengan perintah –> sudo apt-get module-assistant
  5. Lalu lanjutkan dengan perintah sudo--> m-a update
  6. Lanjutkan lagi dengan perintah- -> sudo m-a prepare(pada prosesi ini akan sedikit menyita waktu, karena pada prosesi ini sistem melakukan kompilasi )
  7. Satu kali lagi dengan perintah --> sudo m-a a-i alsa
  8. Sedikit lagi dengan perintah — > sudo /etc/init.d/alsa-utils reset
  9. Dan prosesi terakhir adalah berdoa kepada Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Berdoaa… Mulai!!
  10. Setelah itu, sound anda akan bisa berbunyi seperti dulu kala…
  11. Bila cara itu masih kurang berhasil, anda bisa mencari solusi yang lain

Itu hanya sekedar solusi dari saya…

Terima kasih!

By Frebu Trilangga Posted in Linux Tagged

3 comments on “Solusi Problem Sound Ubuntu 8.10

Leave a Reply

